Senin, 23 Mei 2011

KARAKTERISTIK WIRAUSAHAWAN


Sejarah kewirausahaan menunjukkan bahwa wirausahawan mempunyai karakteristik umum serta berasal dari kelas yang sama. Para pemula revolusi industri inggris berasal dari kelas menengah dan menengah kebaawah. Dalam sejarah Amerika pada akhir abad ke-19, heillbroner mengemukakan bahwa rata- rata wirausahawan anak dari orangtua – orang tua yang mempunyai kondisi keuangan yang memadai, tidak miskin dan tidak kaya. Schumpeter menulis bahwa wiirausahawan tidak membentuk suatu kelas sosial tetapi berasal dari semua kelas.

Wirausahawan umumnya mempunyai sifat yang sama. Mereka adalah orang yang mempunyai tenaga, keinginan untuk terlibat dalam petualangan inovatif, kemauan untuk meneerima tanggung jawab pribadi dalam mewujudkan suatu peristiwa dengan cara yang mereka pilih, dan keinginan berprestasi yang ssangat tinggi.. geoffrey Crowther menambahkan sikap optimis dan kepercayaan terhadap masa depan.


Menurut McClelland, karakteristik wirausahawwan adalah sebagai berikut:

  1. Keinginan untuk berprestasi. Penggerak psikologis utama yang memotivasi wirausahawan adalah untuk berprestasi, yang biasanya diidentifikasikan sebagai n Ach. Kebutuhan ini didefinisikan sebagai keinginan atau dorongan dalam diri orang yang memotivasi prilaku kearah pencapaian tujuan. Pencapaian tujuan merupakan tantangan bagi kompetensi individu.
  2. Keinginan untuk bertanggung jawab. wIrausahawan menginginkan tanggung jawab pribadi bagi pencapaian tujuan. Mereka memilih menggunakan sumber daya sendiri dengan cara bekerja sendri untuk mencapai tujuan dan bertanggung jawab sendiri terhadap hasil yang dicapai.Akan tetapi,mereka akan melakukanny secara kelompok sepanjang mereka bisa secara pribadi mempengaruhi hasil- hasil.
  3. Preferensi kepada resiko- resiko menengah. Wirausahawan bukanlah penjudi. Mereka memilih menetapkan tujuan- tujuan yang membutuhkan tingkat kinerja yang tinggi, suatu tingkatan yang mereka percaya akan menuntut usaha keras tetapi dipercaya bisa mereka penuhi.
  4. Presepsi pada kemungkinan berhasil. Keyakinan pada kemampuan untuk mencapai keberhasilan adalah kkualitas kepribadian wirausahawan yang penting.mereka mempelajari fakkta- fakta yang dikumpulkan dan menilainya. Ketika semua fakkta tidak sepenuhnya tersedia, mereka berpaling pada sikap percaya diri mereka yang tinggi dan melanjutkan tugas- tugas tersebut.
  5. Rangsangan oleh umpan balik. Wirausahawan ingin mengetahui bagaimana hal yang mereka kerjakan , apakah umpan baliknya baik atau buruk. Mereka dirangsang untuk mencapai hasil kerja yang lebih tinggi dengan mempelajari secara efektif usaha mereka.
  6. Aktivitas enerjik. Wirausahawan menunjukkan energi yang jauh lebih tinggi dibandingkan rata- rata orang. Mereka bersifat aktif dan mobil dan mempunyai proposi waktu yag besar dalam mengerjakan tugas dengan cara yang baru. Mereka sangat menyadari perjalanan waktu. Kesadaran ini merangsang mereka untuk terlibat secara mendalam pada kerja yang mereka lakukan.
  7. Orientasi kemasa depan. Wirausahawan melakukan perencanaan dan berpikir kedepan. Merekan mencari dan mengantisipasi kemungkinan yang terjadi jauh dimasa depan.
  8. Keterampilan dalam pengorganisasian. Wirausahawaan menunjukkan keterampilan dalam mengorganisasi kerja dan orang- orang dalam mencapai tujuan. Mereka sangat obyektif didalam memilih individi- individu untuk tugas tertentu. Mereka akan memilih yang ahli bukannya teman agar pekerjaan bisa dilakukan dengan efisien.
  9. Sikap terhadap uang. Keuntungan finansial adalah nomor dua dibandingkan arti penting dari prestasi kerja mereka. Mereka hanya memandang uang sebagai lambang kongkrit dari tercapainya tujuan dan sebagai pembuktian bagi kompetensi mereka.

0 komentar:

Posting Komentar