Jumat, 23 April 2010

MAU SEHAT..?? Coba ini


Memang masyarakat luas terlanjur mengenal lidah buaya atau Aloevera sebagai penyubur rambut. Sebetulnya, manfaat lidah buaya tak hanya untuk kesuburan rambut. Lidah buaya adalah salah satu tanaman obat yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit.
Sedikit menurut masa lampau, pada sejarah awal mula lidah buaya dikenal sebagai tanaman obat, kita akan mendapati bahwa kebaradaan lidah buaya sebagai tanaman obat dikenal cukup lama. Bangsa Samaria memanfaatkannya sebagai tanaman obat sekitar tahun 1875 SM.
Jauh sebelumnya, bangsa Mesir kuno sudah terlebih dahulu mengenal khasiatnya. Bangsa Mesir kuno mengenal lidah buaya sebagai obat sekitar tahun 1500 SM. Mesir kuno menyebut sebagai tanaman keabadian.
Konon, Ratu Cleopatra dan Raja Alexander Agung pun sering mengomsumsi minuman lidah buaya. Bahkan, minuman lidah buaya merupakan minuman ekslusif sang ratu dan raja ini.
Sebuah sumber menyebutkan, lidah buaya ditemukan di daerah tropis dan berasal dari Afrika. Dalam perkembangannya, lidah buaya tidak hanya tersebar di wilayah Afrika. Di Indonesia, tanaman ini sangat mudah kita jumpai. Di banyak rumah di sekitar kita, tak sedikit yang menanamnya di pot cantik.
Lidah buaya atau Aloevera memiliki manfaat yang beraneka ragam. Langsung aja yyukkita lihat beberapa manfaat lidah buaya :
- Obat mata
- Radang mata

- Tumor

- Pembunuh cacing parasit
- Keluhan liver

- Pembngkakan liver
- Luka bakar

- Wasir

- Asma

Jika daunnya dijadikan bubur, maka lidah buaya berkhasiat sebagai obat pendingin bagi penderita sakit mata. Bagi kaum wanita khususnya, ia juga berkhasiat untuk menekan menstruasi, gonorrhea dan methrites.
Selain banyak khasiat di atas, lidah buaya masih memiliki banyak khasiat lainnya. Getah daunnya bermanfaat untuk obat salep, krim kosmetik, lotion dan shampoo. Bila di campur dengan gula, lidah buaya bisa dijadikan manisan. Manisan lidah buaya berkhasiat sebagai peningkat gairah seks yang sangat hebat.
Ternyata untuk sehat atau berobat tak selalu harus dengan biaya mahal. Sejauh mana kita pandai bersahabat dengan alam, menyayangi tumbuhan yang ada di sekitar kita secara baik ddan memanfaatkan secara baik pula, membuat hidup kita sehat.

Semoga bermanfaat....

0 komentar:

Poskan Komentar