Sabtu, 10 April 2010

TRIK INVESTASI EMAS


Meskipun investasi emas sangat menjanjikan, kalian perlu trik dan teknik tersendiri untuk terjun di bisnis yang satu ini. Berikut trik investasi yang penulis kutip dan di olah dari uraian Sarif Senduk, pakar perencanaan keuangan, dan beberapa sumber tambahan lainnya.

1. Jika anda berinvestasi emas untuk jangka pendek, biasanya akan sulit mendapatkan keuntungan kalau bentuk emas perhiasan. Hal inikarena kalau kalian dating ke toko dan membeli perhiasan emas, kalian harus membayar harga emas plus ongkos pembuatannya. Suatu ketika saat kalian menjualnya kembali, maka toko tidak akan membayar ongkos pembuatan dari perhiasan emas tersebut. Ia akan membayar harga emasnya saja. Karena itu, investasi perhiasan lebih untung kalau di simpan untuk jangka panjang karena harga perhiasan tersebut sudah naik jauh dibanding ketika kalian membelinya. Emas perhiasan tersedia dalam berbagai macam karat, mulai dari 18 karat hingga 24 karat. Namun alangkah baiknya apabila hendak berinvestasi kalian memilih emas perhiasan senilai 24 karat.

2. Investasi emas yang cukup baik adalah investasi emas dalam bentuk batangan. Siapapun tidak menyangkal bahwa emas batangan ini mudah dijual kembali. Jadi, tidak ada salahnya apabila mempertimbangkan investasi emas dalam bentuk emas batangan.

3. Kalian juga bisa berinvestasi Koin Emas ONH (Ongkos Naik Haji). Maksudnya, koin emas ini diharapkan bisa sebagai alternative investasi bagi mereka yang ingin menabung untuk persiapkan biaya ibadah haji.

4. Sebelum berinvestasi emas, sebaiknya kalian memperhatikan kebutuhan cash flow sendiri, apakah kalian mempunyai dana tunaiyang cukup besar yang dapat di investasikan dalam waktu jangka panjang

5. Bila kalian hendak membeli emas [batangan] dalam bentuk fisiknya, maka pilihan terbaik adalah membeli emas produksi Internasional, misalnya produk Afrika selatan, Swiss, Rusia, China dll.

6. Ada baiknya kalian membeli emas yang bentuknya tidak terlalu kecil, tetapi juga tidak terlalu besar. Apabila emas yang kalian miliki jumlahnya tak terlalu banyak, kalian bisa membeli brangkas sendiri untuk disimpan di rumah. Jika kalian merasa tidak nyaman, kalian juga bisa menyewa safe deposit box (SDB) di bank dengan biaya tahunan yang relative murah.



0 komentar:

Poskan Komentar